Apa Saja Perbedaan WordPress.com Dan WordPress.org? Berikut Penjelasannya!

Salah satu platform yang memiliki banyak pengguna yaitu wordpress. Namun ternyata perlu diketahui bahwa platform yang satu ini ada dua jenis yaitu wordpress.ord dan wordpress.com. lalu apa perbedaannya dan kelebihan serta kekurangan yang dimiliki? Untuk lebih jelas mengenai perbedaan wordpress.com dan wordpress.org, maka simak ulasan sebagai berikut.

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya kedua jenis wordpress ini sama-sama gratis, yang tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk wordpress.com ini merupakan layanan blogging instant setup, sehingga tidak perlu pengetahuan pemrograman apapun untuk bisa menggunakan platform ini.

Sedangkan untuk wordpress.org ini merupakan platform CMS open source yang meski bisa di-download dengan gratis, tetapi untuk menginstal perlu adanya domain dan hosting tersendiri. Untuk lebih jelasnya, akan dibahas sebagai berikut.

Perbedaan WordPress.com Dan WordPress.org

Registrasi dan Kontrol

Hal pertama yang menjadi kelebihan wordpress.com yaitu registrasinya sangat mudah. Cukup dengan mendaftar saja, website sudah bisa digunakan. Kapasitas penyimpanan yang dimiliki sekitar 3GB yang mana bisanya cukup untuk blogger pemula atau menengah.

Sedangkan untuk registrasi wordpress.org sedikit lebih rumit karena perlu diatur sendiri. Namun kelebihannya yaitu semua hal bisa dikontrol sendiri. Dengan full kontrol mulai dari security website, tampilan, hingga file editor tentunya akan membuat blogger lebih puas berkreasi.

Plugin WordPress

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org yang berikutnya yaitu untuk wordpress.org maka bisa bebas melakukan upload serta memasang aneka plugin. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali plugin gratis yang disediakan untuk menunjang performa website, misalnya untuk keperluan Search Engine Optimation atau SEO serta tools-tools penunjang lainnya.

Selain itu, wordpress.org juga membuat pemakainya bisa mengupload aneka tema sesuai keinginan serta mengupload aneka file tanpa batas. Baik itu dengan menggunakan FTP, file zip, MP3, video, dan lain-lain tanpa ada batasan.

Sedangkan di wordpress.com, plugin tidak bisa sembarangan dipasang tanpa izin. Untuk membuatnya bisa memasang plugin maka harus upgrade ke wordpress.com VIP atau enterprise yang biayanya cukup mahal yaitu hingga $500 setiap bulan. Di wordpress.com juga tidak diizinkan untuk memasang java script. Selain itu juga tidak bisa melakukan upload via File Transfer Protokol (FTP) serta tidak bisa melakukan upload untuk file selain file yang diizinkan seperti file zip, dan lainnya.

Untuk wordpress.com juga cukup sensitif sehingga jika terindikasi melanggar Term of Service atau ToS maka bisa langsung terkena suspend tanpa pemberitahuan. Juga tidak bisa mengedit tema sendiri ataupun menggunakan tema premium yang disukai tanpa membayar.

Demikian perbedaan wordpress.com dan wordpress.org yang perlu diketahui. Tentunya masih ada banyak perbedaan lainnya yang mana untuk memilih tak bisa dipaksakan kepada satu orang untuk orang lainnya. Hal ini dikarenakan penggunaan platform ini tentunya sesuai selera dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jadi jika ditanya mana yang lebih baik, maka jawaban yang muncul tentunya bersifat personal.